Selasa, 21 Januari 2014

Biduan

     Anita adalah penyanyi yang telah terkenal sebagai artis nasional. Sejak masih anak-anak sudah terlihat bakat yang ada pada dirinya. Ketika ada di sekolah ia sangat menyukai pelajaran kesenian. Dia sangat suka menyanyi sampai-sampai di kamar mandipun dilakukannya. Apabila guru kesenian menyuruh di depan kelas menyanyi merupakan kebanggan Anita dengan penuh ekspresi bergaya bagaikan seorang professional. Dia pandai sekali membawakan lagu-lagu wajib dengan semangat memimpin sebagai dirigent dalam upacara bendera. Banyak pula koleksi lagu-lagu yang dapat dinyanyikannya dari berbagai aliran, seperti: pop, rock, dangdut.

     Saat usia muda sebagai seorang remaja berumur lima belas tahun, semangat konsentrasi ingin menjadi penyanyi terkenal. Mula-mula ia mendalami ilmu merangkai nada. Tugas-tugas dari sekolah yang dikerjakan di rumah membuat komposisi dengan mengarang lagu merupakan mimpi yang akan diwujudkan. Percaya akan kemampuan diri dan dapat dukungan dari guru yang memberikan nilai baik. Menjadikan Anita siap terjun ke masyarakat untuk dikenal dan dapat penggemar. Memang di sekolah sudah ada teman-temannya yang senang Anita mendendangkan lagu pada acara-acara organisasi siswa berkumpulnya murid dari berbagai tingkatan kelasnya.

     Gadis remaja ini mendatangi kantor manajemen dapur rekaman.Diberikannya kertas tulisan-tulisan karangan untuk sebuah lagu yang diiringi musik.Anita menunggu jawaban dengan perasaan cemas dan penuh khawatir tak dapat tampil sempurna. Karena, pengalaman bermusik Anita belum ada alat yang dikuasainya. Percakapanpun terjadi, dimulai dengan manajer mewawancarai Anita. Maksud demikian dilakukan dalam pencarian bakat Anita dapat ditonjolkan. Keinginan manager adalah mengorbitkan artis yang sangat profesional dengan meluncurkan album pertama yang dapat disukai oleh masyarakat banyak dari berbagai kalangan. Sehingga Anita dapat benar-benar ternama dengan gelar yang disandangnya sebagai artis penyanyi wanita.

Manajer: "Apa kamu yakin dapat bernyanyi dengan benar?"

Anita: "Yakin! saya dapat melakukannya."

Manajer: "Siapakah, yang telah mengajarkan kamu menyanyi?"

Anita: "Guru kesenian di sekolah."

Manajer: "Jika seperti itu semua pelajar dapat menjadi artis, bagaimana?"

Anita: "Ya, apabila mereka mempunyai minat."

Manajer: "Lalu, apakah kamu hebat?"

Anita: "Ya, karena kesukaan saya memang bernyanyi."

     Manajer membaca secarik kertas dari Anita. Rangkaian nada sebagai komposisi lagu dan syair yang merupakan lirik ditelitinya perlahan-lahan. Tampaknya, karya Anita tersebut mendapatkan perhatian penuh sang manajer.Kira-kira ini akan menjadi permulaan yang baik untuk menjalin kerjasama antara perusahaan rekaman dengan Anita. Manajer mengajukan kontrak artis dengan persyaratan yang harus dipenuhi Anita.Sebelumnya manajer bergumam, pikir ia ini sangat bagus dan baik pula yang dilakukan Anita ini. Manajer minta Anita mengisi formulir biodata secara lengkap. Sehingga, ia pun mengenal jelas tentang Anita.

Manajer: "Saya akan melakukan tes."

Anita: "Siap, pak!"

Manajer: "Nyanyikan lagu yang tertulis di kertas kamu ini!"

Anita: "Baik, pak!"

     Suara Anita terdengar merdu saat menyanyikan lagu karya sendiri.Manajer mendengarkannya dengan tenang serta konsentrasi. Sekali-sekali ia membaca tulisan notasi yang ada itu. Amat sesuai irama lagu yang didendangkan Anita. Walaupun, belum diiringi musik sudah terasa yang merupakan syair melodi sangat indah.Manajer melihat penampilan dan gaya yang ada pada Anita. Sepertinya, sangat menarik karena wajah itu memang cantik. Ini merupakan daya tarik minat para penggemar yang dapat mengidolakan Anita. Sempurna, itulah sudut pandang manajer melihat penampilan Anita.

     Akhirnya Anita pulang setelah mendapatkan jawaban keterima oleh perusahaan rekaman tersebut. Manajer memintanya kembali esok hari untuk mendapatkan kontrak rekaman dari produser. Ia sangat yakin akan penampilan menjadi idola remaja. Dan sedang membayangkan akan mendapatkan penghasilan banyak Terpikirkan akan sekolah yang tetap diutamakan demi masa depan meraih cita-cita yang lebih besar.Jalan masih panjang yang akan dilalui dalam karir menyanyi sebagai generasi muda pendatang baru di masyarakat. Seakan-akan terlahir kembali kehidupan esok menjadi orang ternama di dunia seni.

     Seminggu sudah berlalu, Anitapun berangkat memenuhi panggilan perusahaan rekaman. Dia banyak berlatih di rumah selama menunggu hari rekaman menyanyi. Nada-nada tinggi dari lagu-lagu yang akan dinyanyikan berulang-ulang disempurnakan. Agar mendapatkan nyanyian yang enak didengar dilantunkan oleh pemilik suara merdu. Irama musikpun sangat ia perhatikan ketukan-ketukan yang dilatih sendiri menggunakan alat organ. Alat musik itu memang miliknya setelah beberapa tahun lalu ketika ulang tahun kedua belas merupakan kado ulang tahun dari ibu tercinta. Orangtua Anita memang mendukung akan bakat menyanyi Anita dapat tersalurkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar